Sunday 21 December 2008

Menampilkan Komponen Penting pada adobe audition

Cakewalk memiliki empat komponen utama (komponen tampak layer), yaitu judul (title bar), menu bar, toolbar dan track view.

Baris Judul (Title Bar)
Baris judul merupakan informasi tentang nama file yang sedang diaktifkan. Cakewalk dapat menampilkan sekaligus beberapa file hanaya satu yang dapat diaktifkan.


Menu Bar
Menu bar merupakan perintah dalam bentuk teks yang dikelompokkan berdasar fungsi tertentu. Untuk memfungsikan/menampilkan deretan menu didalamnya, tinggal mengklik tombol kiri mouse. Menu yang terdapat dalam menu bar akan dibahas dalam bab berikutnya.

Toolbar
Sebagaimana menu bar, toolbar merupakan perintah namun dalam tampilan gambar. Semua yang ada dalam toolbar ini terdapat pada menu bar, tetapi karena dalam bentuk gambar menadikan toolbar lebih efisien.

Ketika pertama kali membuka Cakewalk, mungkin kita mendapatkan toolbar yang begitu lengkap sehingga tampilan track view menjadi tidak maksimal. Karena menu pada toolbar juga terdapat pada menu bar, maka sebaiknya kita menampilkan menu yang penting atau mematikan menu yang kurang begitu penting.
Langkah untuk menampilkan atau mematikan menu toolbar adalah dengan mengklik View dari Menu Bar dan pilihlah Toolbars…

Jika kita menandai menu yang ada, otomatis menu akan ditampilkan. Jika tidak ditandai, menu itu akan hilang dari layer Cakewalk. Tandailah menu-menu penting seperti dalam gambar diatas.
Standard berisi tombol untuk membuka file baru dan file yang sudah ada, menyimpan file, memotong klip dan membatalkan perintah
Loop untuk mengulang lagu atau suara pada daerah yang kita tentukan
Markers untuk menandai atau menamai bagian klip yang dikehendaki, misalnya intro, reff, coda, penutup dan lainya.
Metronom digunakan untuk menentukan bersuara tidaknya metronom pada saat play back maupun waktu merekam
Possotion untuk melihat posisi terakhir berdasarkan ukuran bar:beat:ketukan dan jam:menit:detik
Record berfungsi mengatur pilihan cara rekam
Solo digunakan untuk memilih apakah track itu dimatikan, dinyalakan atau dalam kondisi siap rekam
Select untuk menentukan batas areal klip yang dipilih.
Tempo untuk menetukan kecepatan play back
Transport untuk menyembunyikan, stop, pause, dan melakukan perekaman
View untuk menentukan bentuk display klip
Tampilan menu Toolbar dapat dipindah dengan mengklik sebelah kiri menu, tahan terus kliknya sambil diarahkan ke posisi yang dikehendaki kemudian lepaskan.
Flat Style hanyalah bentuk tampilan dari menu apakah menonjol (semacam bentuk emboss) atau tidak. Anda dapat mencobanya sendiri untuk melihaat perbedaannya.

No comments:

Post a Comment

Pesan


ShoutMix chat widget