Sunday 21 December 2008

MIDI Setting

Ketika diinstall, Cakewalk akan langsung mencari jenis driver untuk audio, yaitu yang sesui dengan tipe sound card yang digunakan. Namun, program ini belum menentukan untuk setting MIDI. Berbeda dengan audio yang tidak memiliki pilihan lain karena harus sesuai dengan sound card, setting MIDI memiliki beberapa pilihan, karena itulah Cakewalk akan menunjukkan pilihan setting yang akan digunakan. Jika belum menentukan jenis MIDI yang dipakai, Cakewalk akan mengingatkan kita dengan dialog seperti di bawah ini.


Jika kita memilih “Continue With No MIDI Output”, semua file MIDI yang dimainkan tidak akan mengeluarkan suara sama sekali. Untuk mendengarkanya pilih “Choose MIDI Port Now” sehingga muncul dialog pilihan seperti dibawah. Dialog ini juga dapat dibuka dari Menu Bar Options lalu klik MIDI Devices.
Input Ports menentukan bagaimana cara atau jenis instrumen yang dipakai sebagai perangkat untuk merekam. Dalam boks Input Ports umumnya tersedia satu atau dua pilihan.

Bagian pertama adalah device dari sound card, kedua adalah Virtual Piano yang disediakan Cakewalk. Pilihan kedua (dalam hal ini Virtual Piano) tidak selalu ada tergantung pada instalasi Cakewalk. Jika kita mengisntal sebagian (custom) maka Virtual Piano bisa tidak dipilih. Untuk memilih salah satu atau keduanya, klik atau sorot nama device itu. Jika ingin mengetahui sound card yang dipakai, lakukan langkah-langkah yang telah diterangkan diatas.
Output Ports berfungsi mendengarkan lagu. Cakewalk menyediakan beberapa alternatif pilihan. Jika memilih MIDI synth atau synthesizer yang sesuai sound card, berarti lagu akan menggunakan suara dari sound card komputer.
Jika memilih MIDI Out dari sound card, suara yang dihasilkan berasal dari perangkat MIDI yang terhubung lewat kabel MIDI ke komputer. Cakewalk menggunakan device yang ada sesuai urutanya. Sehingga dapat menempatkan device yang dikehendaki pada posisi teratas dengan cara menyorot device yang dipilih lalu klik Move Selected Devices to Top. Jika telah selesai memilih, klik OK.

No comments:

Post a Comment

Pesan


ShoutMix chat widget