Sunday 21 December 2008

Mengatur Parameter Komponen yang Penting di adobe audition

Time+
Jika ingin menggeser data MIDI ke posisi tertentu maka yang diubah adalah posisinya sesui yang diinginkan. Posisi data MIDI ini diukur berdasarkan tick (ketukan) dan dapat dilihat pada Time. Untuk menggeser ke tempat yang diinginkan, ketik nilai dalam Time+ lalu Enter.

Effects
Effects berfungsi untuk memberikan efek pada data suara MIDI maupun audio. Efek suara untuk data MIDI sangat terbatas dan berbeda dengan efek untuk data audio. segala Sesuatu mengenai efek akan dibahas sedara lebih mendalam pada bab tersendiri. Jika ingin mengetahui efek apa saja dan penerapannya adalah dengan cara sebagai berikut:


1)Klik kiri pada kolom efek di track yang diinginkan sehingga muncul kotak hitam dan tulisan Done
2)Klik kanan pada kotak hitam sehingga muncul daftar software dengan fasilitas efek yang dimiliki. Klk efek yang diinginkan
3)Klik Done sehingga efek yang dipilih tertulis pada kotak hitam
4)jika ingin mengatur setting efek, klik ganda pada nama efek yang dipilih
Daftar software efek yang muncuk tergantung pada software efek apa yang diinstal. Software itu tidak ada kaitanya dengan Cakewalk namun fasilitasnya efeknya dapat dibaca oleh Cakewalk.

Pan
Dalam bahasa tape yang umum digunakan di rumah, Pan adalah balance yang menentukan berapa besar suara yang keluar dari speaker kiri dan speaker kanan. Nilai Pan yang seimbang antara kanan dan kiri adalah 64 sedangkan maksimum adalah 127 dan minimum 0. jika ingin mengisi nilai 127 atau 0 maka salah satu speaker akan mati. Untuk mengisi, tulis nilai yang diinginkan lalu tekan Enter.
Selain dari track view fungsi Pan ini juga terdapat di Track Properties. Akan lebih efektif menentukan nilai Pan dan volume dari Track View (bukan dari track properties) karena nilai masing-masing track tampak perbandinganya.

Volume
Volume menentukan tinggi rendahnya suara, suara tertinggi adalah 127 dan terendah adalah 0. untuk mengisi, ketik angka yang diinginkan lalu tekan Enter.

Tempo
Tempo adalah parameter yang sering dilupakan ketika melakukan rekaman Audio, padahal Tempo sangat bermanfaat ketika melakukan pengeditan data, karena posisi suatu nada jadi tampak lebih mudah diketahui.
Jika Temponya tidak tepat, posisi suatu nada tidak cepat dapat ditentukan dan hanya mengandalkan bentuk digital nadanya. Karena itu, sedapat mungkin Tempo diisi sebelum melakukan rekaman.
Cakewalk menggunakan ukuran Tempo yang ditentukan secara internasional yaitu bpm (beat per minute). Bpm adalah banyaknya ketukan dalam satu menit. Jika tempo lagu adalah 100 bpm, artinya dalam satu menit ada 100 ketukan. Semakin besar nilai bpm, semakin cepat temponya. Nilai tempo yang disediakan Cakewalk adalah dari 8 sampai 250 bpm.
Pada awal membuka file baru, Cakewalk akan memberikan nilai Tempo 100 bpm. Untuk mengubah Tempo, klik Insert dan pilih Tempo Change sehingga keluar dialog seperti dibawah ini:

Isilah Tempo yang diinginkan pada kotak Tempo. Tandai pilihan Change the Most Recent Tempo jika menginginkan Tempo lagu secara keseluruhan berubah. Jika dalam lagu itu Anda menginginkan Temponya berubah-ubah, kita harus menandai bagian Insert a New Tempo. Istilah posisi dimana Tempo baru itu ditetapkan pada kotak Starting at Time.
Jangan lupa menandai kitak Strech Audio jika data kita berbentuk Audio dan bukan MIDI. Cakewalk memiliki keungulan dalam proses mengubah Tempo, jika Tempo dinaikkan maka pitch lagu tidak akan berubah lebih tinggi. Demikian juga jika diturunkan, pitch lagu tidak akan berubah lebih rendah. Perubahan pitch ini umum dialami oleh software lain.
Pengisian Tempo juga dapat dilakukan melalui Toolbar Tempo seperti dibawah ini.

Bila Toolbar ini tidak tampak, klik View, Toolbar… lalu tandai Tempo. Setelah itu, tutup saja dialognya dengan mengklik Close.
Klik pada kotak nilai dan isi nilainya jika seluruh lagu Temponya sama. Menekan kotak disebelahnya akan menampilkan dialog setting Tempo.

Metronom
Metronom erat kaitanya dengan Tempo karena akan berganti pada setiap beat lagu. Jadi monotrom berguna agar rekaman yang dilakukan sesuai pada Temponya.
Untuk menset metronom, pilih menu Options, klik Project… dan pilih Tab Metronom.

Untuk bagian Playback jika ingin metronom berbunyi waktu lagu dimainkan. Demikian juga jika ingin metronom itu berbunyi waktu dilakukan perekaman, tandai dibagian Recording. Kalau tidak ingi berbunyi, kosongkan (tidak ditandai).
Accent First Beat berfungsi untuk memberikan tekanan (bunyinya lebih keras) pada ketukan pertama dari setiap bar.
Count-in merupakan perhitungan mundur sebelum melakukan rekaman sebelumnya. Artinya ketukan dalam Count-in ini tidak diperhitungkan dalam ketukan lagu. Ketika hitungan mundur ini selesai, barulah dimulai ketukan, beat dan bar yang sebenarnya. Count-in sangat penting sebagaimana dalam melakukan rekaman. Count-in dapat ditentukan berdasarkan berapa ketukan (measure) atau beat sebelum dimulai.
Selain not MIDI, metronom juga dapat memakai speaker PC. Jika menggunakan not MIDI, suara MIDI itu dapat kita ubah sesui nada instrumen yang kita inginkan. Setting nada standar metronom adalah lihat atau not F#3 pada channel 10. jika ingin mengubah nadanya, isikan nilai pada channel sesuai standar MIDI. Misalnya nilai 1 adalah piano.
Durasi adalah panjang atau berapa lama nada itu berbunyi. Semakin kecil nilainya, semakin pendek nada metronom itu berbunyi. Sedangkan Key adalah nada (pitch) yang digunakan. Sementara Velocity menentukan kekerasan karakter suara.

Simultaneous Record/Playback
Jika ingin merekam vokal atau mengisi melodi, tentunya membutuhkan latar belakang musik yang sudah direkam sebelumnya. Karena itu Cakewalk harus distel sehingga dapat memainkan sekaligus merekam secara bersamaan. Umumnya Cakewalk telah menset secara langsung.
Jika ingin mengecek ulang atau pada saat merekam ternyata Cakewalk tidak bisa memainkan klip, maka yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
1)Buka menu Options dan klik Audio
2)Dari kotak dialog pilih Advanced
3)dari kolom Playback anad Recording tandai Simultaneous Record/Playback

Dengan selesainya tahap persiapan ini berarti kita telah siap untuk melakukan rekaman. Sebelum melakukan rekaman, uji dulu persiapan prarekaman seperti berikut.
Apakah pilihan line in atau mic pada record control sudah tepat
Cek setting track pada status track dan source
Cek tempo apakah sudah pasti
Klik huruf R dari status track pada track yang dipilih sehingga berwarna merah
Pada awal bar, bunyikan alat musik atau bernyanyilah untuk mencek gerakan impuls pada console. Jika terlalu keras, kecilkan inputya dengan menggeser ke bawah fader pada Record Control
Periksa apakah simultaneous Record/Playback sudah ditandai
Jika semua sudah tepat, berarti rekaman siap dilakukan. Nyalakan Metronom During Recording. Berilah nilai Count-in sebesar 4 beat sebagai patokan awal lagu.

No comments:

Post a Comment

Pesan


ShoutMix chat widget